Salam damai dan sejahtera...Selamat datang di situs saya: M Che Anam's Blog

19 Januari, 2008

Membantu Anak Mengembangkan Bakat

Bakat merupakan berkah dari Sang Maha Kuasa ataukah hasil dari pola asuh lingkungan masih menjadi hal yang disampaikan dengan ragu-ragu. Tak jarang, orangtua beranggapan, anak yang lahir dari ibu-bapak yang punya kecerdasan pas-pasan, maka anaknya akan demikian juga kelak. Itu salah satu anggapan bahwa 'bakat' memang diturunkan. Benarkah demikian?

Suatu studi yang dilakukan pada 1954 menunjukkan bahwa kecerdasan dapat dibina. Hal ini dibuktikan oleh Aaron Stern dari AS dengan memberikan stimulasi pada anak perempuannya, Edith, setiap hari satu kata baru dengan menggunakan flash card, mendengarkan musik klasik dan berbahasa orang dewasa (bukan bahasa bayi).

Hasilnya, pada usia belum genap satu tahun, Edith dapat berbicara dalam kalimat lengkap, pada usia lima tahun ia berhasil membaca semua jilid ensiklopedi Britannica dan pada usia 12 tahun diterima di Michigan State University. Luar biasa bukan?

Anak lain Ruth Lawrence dari Inggris, sejak kecil orangtuanya memberikan stimulasi musik dan mainan sehingga pada usia 9 tahun bisa lulus dari O Level Cambridge, dan usia 12 tahun lulus A level diterima di Oxford University. Semua kehebatan ini sebagai bukti hasil langsung dari latihan dan stimulasi yang dialaminya, bukan karena 'gen hebat' dari orangtua.

Howard Gardner dengan teori Multiple Intelligence memperkenalkan adanya 8 jenis kecerdasan. Menurut Gardner, mereka yang cerdas adalah mendapat nilai tinggi dalam sebagian besar 8 jenis kecerdasan. Meskipun jarang sekali yang mampu memenuhi, rata-rata orang mendapat nilai tinggi dari empat sampai lima di antara kecerdasan tersebut. Misalnya Albert Einstein, selain seorang ilmuwan, ia juga ahli matematika dan pemain biola andal. Begitu juga Leonardo da Vinci yang dikenal memiliki multitalenta. Da Vinci hebat di bidang olahraga, seni arsitektur, melukis, matematika dan fisika.

Dengan berbagai contoh di atas, jelaslah bahwa orangtua memiliki peran penting dalam mengembangkan bakat anak. Berbagai studi dalam bidang psikologi, menurut Dr. Reni Akbar Hawadi, Kepala Pusat Keberbakatan Faktultas Psikologi Universitas Indonesia, menunjukkan bahwa orangtua merupakan salah satu sumber untuk mengidentifikasi keberbakatan pada anak. Namun 75% orangtua baru menyadari bahwa anaknya punya 'bakat' saat si anak berusia 3 tahun.

Berbagai upaya yang dapat dilakukan orangtua sebagai lingkungan yang kondusif bagi pengembangkan diri anak, menurut Reni, mengutip pendapat Amabile (1989), adalah:

1. Kebebasan
Orangtua perlu memberikan rasa bebas, tidak selalu berusaha mengendalikan anak dan tidak merasa cemas berlebihan dengan apa yang dilakukan anak.

2. Rasa hormat
Orangtua menghargai keberadaan anak sebagai individu yang unik dan memiliki kemampuan tertentu

3. Kedekatan emosional
Orangtua tidak bersikap posesif yang menyebabkan anak memiliki sikap ketergantungan pada orang lain

4. Penanaman nilai
Orangtua menanamkan nilai-nilai yang perlu diketahui anak dalam hidupnya, bukan menjejali berbagai macam aturan yang 'menyeramkan'

5. Penekanan prestasi
Anda lebih menekankan pentingnya meraih hal sebaik mungkin, bukan semata-mata memperoleh angka tinggi di rapor

6. Minat
Ibu-ayah perlu memiliki keberagaman minat dengan tidak menekankan pada perbedaan status sosial ataupun tuntutan sosial

7. Hargai kreativitas
Anda mendukung anak untuk melakukan hal-hal kreatif melalui tersedianya peralatan dan pengalaman baru yang menarik.

8. Visi
Anda harus memiliki visi yang jelas menyangkut buah hati bahwa mereka mampu melakukan hal-hal luar biasa, kreatif sesuai dengan bakat serta keterampilan yang dimilikinya.

Source: hanyawanita.com

Selengkapnya....

14 Januari, 2008

Cukup Enam Menit untuk Perbaiki Memori

BERLIN, KAMIS - Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa tidur sejenak pada siang hari dapat bermanfaat memperbaiki memori atau daya ingat.

Sebuah riset di Jerman yang dilaporkan dalam jurnal New Scientist edisi terbaru pun mendukung fakta tersebut. Namun riset terbaru ini menarik karena mengindikasikan bahwa tidur siang dalam waktu sangat singkat pun yakni enam menit saja cukup untuk meningkatkan kemampuan mengingat sesuatu.

¨Tidur yang sangat singkat dapat memicu pemrosesan daya ingat dalam otak,¨ ungkap studi tersebut seperti dikutip BBC.

Adalah tim peneliti dari University of Dusseldorf Jerman, yang dipimpin Dr Olaf Lahl, yang mengungkap teori tersebut. Mereka melakukan pengujian untuk melihat sejauh mana tidur dalam waktu singkat berpengaruh terhdap daya ingat. Peneliti melibatkan sekelompok pelajar yang diminta mengingat serangkaian kata dan kemudian diberi waktu istirahat satu jam sebelum testing.

Di sela-sela istirahat satu jam, beberapa pelajar diperkenankan tidur selama enam menit, sementara yang lain tetap dalam kondisi terjaga. Hasilnya memang di luar dugaan, mereka yang sempat tidur ternyata menunjukkan kemampuan lebih baik dalam tes memori.

Hasil riset ini langsung direspon oleh seorang ahli dari Inggris yang menyatakan keraguannya. Professor Jim Horne, dari Sleep Research Centre di Loughborough University menilai bahwa manusia membutuhkan waktu tidur yang lebih lama untuk memperbaiki daya ingatnya.

Sejumlah riset memang telah membuktikan bahwa siklus tidur-bangun memainkan peran penting dalam perbaikan memori. Beberapa teori juga menyebutkan bahwa pemrosesan memori terjadi pada saat tidur lelap atau deep sleep, fase yang biasanya tidak akan dimulai hingga sekurangnya 20 menit setelah tidur.

Namun begitu, Dr Olaf Lahl dan timnya mengatakan tidak mustahil bahwa momen tertidur dapat memicu sebuah proses dalam otak yang bakal terus berlanjut tanpa dipengaruhi seberapa lama seseorang terjaga.

¨Dalam pengetahuan kita, ini mendemonstrasikan untuk pertama kalinya bahwa sebuah episode tidur yang sangat singkat menyediakan peningkatan daya ingat yang efektif, tulis Dr Olaf dalam laporannya.

Professor Jim Horne berkomentar bahwa riset yang dilakukan Dr Olaf ini terbilang menarik meski ia belum yakin bahwa efeknya hanya pada peningkatan memori semata.

¨Ide bahwa memori bisa ditingkatkan hanya dalam enam menit adalah temuan yang cukup unik dan harus ditanggapi dengan lebih hati-hati. Ada cukup bukti bahwa proses memori mungkin terjadi lebih dari enam menit setelah tidur,¨ tegasnya.

Source: Kompas

Selengkapnya....

12 Januari, 2008

Who is Said Nursi

Bediuzzaman's Life

Bediuzzaman Said Nursi was born in 1877 in eastern Turkey and died in 1960 in Urfa in Turkey. Readers may refer to his biography for details of his long and exemplary life, which spanned the last decades of the Ottoman Empire, its collapse after the First World War and the setting up of the Republic, then the twenty-five years of Republican Peoples' Party rule, well-known for the measures taken against Islam, followed by the ten years of Democrat rule, when conditions eased a little for Bediuzzaman.

Bediuzzaman displayed an extraordinary intelligence and ability to learn from an early age, completing the normal course of medrese (religious school) education at the early age of fourteen, when he obtained his diploma. He became famous for both his prodigious memory and his unbeaten record in debating with other religious scholars. Another characteristic Bediuzzaman displayed from an early age was an instinctive dissatisfaction with the existing education system, which when older he formulated into comprehensive proposals for its reform. The heart of these proposals was the bringing together and joint teaching of the traditional religious sciences and the modern sciences, together with the founding of a university in the Eastern Provinces of the Empire, the Medresetü'z-Zehra, where this and his other proposals would be put into practice. In 1907 his endeavours in this field took him to Istanbul and an audience with Sultan Abdulhamid. Although subsequently he twice received funds for the construction of his university, and its foundations were laid in 1913, it was never completed due to war and the vicissitudes of the times.

Contrary to the practice of religious scholars at that time, Bediuzzaman himself studied and mastered almost all the physical and mathematical sciences, and later studied philosophy, for he believed that it was only in this way that Islamic theology (kalâm) could be renewed and successfully answer the attacks to which the Qur'an and Islam were then subject.

In the course of time, the physical sciences had been dropped from medrese education, which had contributed directly to the Ottoman decline relative to the advance of the West. Now, in the 19th and early 20th centuries, Europe had gained dominance over the Islamic world, and in efforts to extend its dominance, was attacking the Qur'an and Islam in the name of science and progress in particular, falsely claiming them to be incompatible.

Within the Empire too was a small minority which favoured adopting Western philosophy and civilization. Thus, all Bediuzzaman's endeavour was to prove and demonstrate the falseness of these accusations, and that far from being incompatible with science and progress, the Qur'an was the source of true progress and civilization, and in addition, since this was the case, Islam would dominate the future, despite its relative decline and regression at that time.

The years up to the end of the First World War were the final decades of the Ottoman Empire and were, in the words of Bediuzzaman, the period of the 'Old Said'. In additions to his endeavours in the field of learning, he served the cause of the Empire and Islam through active involvement in social life and the public domain. In the War, he commanded the militia forces on the Caucasian Front against the invading Russians, for which he as later awarded a War Medal. To maintain the morale of his men he himself disdained to enter the trenches inspite of the constant shelling, and it was while withstanding the overwhelming assaults of the enemy that he wrote his celebrated Qur'anic commentary, Signs of Miraculousness, dictating to a scribe while on horseback. Stating that the Qur'an encompasses the sciences which make known the physical world, the commentary is an original and important work which in Bediuzzaman's words, forms a sort model for commentaries he hoped would be written in the future, which would bring together the religious and modern sciences in the way he proposed. Bediuzzaman was taken prisoner in March 1916 and held in Russia for two years before escaping in early 1918, and returning to Istanbul via Warsaw, Berlin, and Vienna.

The defeat of the Ottomans saw the end of the Empire and its dismemberment, and the occupation of Istanbul and parts of Turkey by foreign forces. These bitter years saw also the transformation of the Old Said into the New Said, the second main period of Bediuzzaman's life. Despite the acclaim he received and services he performed as a member of the Darü'l-Hikmeti'l-Islamiye, a learned body attached to the Shaykhu'l-Islam's Office, and combatting the British, Bediuzzaman underwent a profound mental and spiritual change in the process of which he turned his back on the world. Realizing the inadequacy of the 'human' science and philosophy he had studied as a means of reaching the truth, he took the revealed Qur'an as his 'sole guide.' In recognition of his services to the Independence Struggle, Bediuzzaman was invited to Ankara by Mustafa Kemal, but on arrival there, found that at the very time of the victory of the Turks and Islam, atheistic ideas were being propagated among the Deputies and officials, and many were lax in performing their religious duties. He published various works which successfully countered this.

Remaining some eight months in Ankara, Bediuzzaman understood the way Mustafa Kemal and the new leaders were going to take, and on the one hand that he could not work alongside them, and on the other that they were not to be combatted in the realm of politics. When offered various posts and benefits by Mustafa Kemal, he declined them and left Ankara for Van, where he withdrew into a life of worship and contemplation; he was seeking the best way to proceed.

Within a short time, Bediuzzaman's fears about the new regime began to be realized: the first steps were taken towards secularization and reducing the power of Islam within the state, and even its eradication from Turkish life. In early 1925 there was a rebellion in the east in which Bediuzzaman played no part, but as a consequence of which was sent into exile in western Anatolia along with many hundreds of others. Thus unjustly began twenty-five years of exile, imprisonment, and unlawful oppression for Bediuzzaman. He was sent to Barla, a tiny village in the mountains of Isparta Province. However, the attempt to entirely isolate and silence him had the reverse effect, for Bediuzzaman was both prepared and uniquely qualified to face the new challenge: these years saw the writing of the Risale-i Nur, which silently spread and took root, combatting in the most constructive way the attempt to uproot Islam, and the unbelief and materialist philosophy it was hoped to instil in the Muslim people of Turkey.

The Risale-i Nur

As the New Said, Bediuzzaman had immersed himself in the Qur'an, searching for a way to relate its truths to modern man. In Barla in his isolation he began to write treatises explaining and proving these truths, for now the Qur'an itself and its truths were under direct attack. The first of these was on the Resurrection of the Dead, which in a unique style, proves bodily Resurrection rationally, where even the greatest scholars previously had confessed their impotence. He described the method employed in this as consisting of three stages: first God's existence is proved, and His Names and attributes, then the Resurrection of the Dead is 'constructed' on these and proved.

With these writings, Bediuzzaman opened up a new, direct way to reality (haqiqat) and knowledge of God which he described as the highway of the Qur'an and way of the Companions of the Prophet (PBUH) through the 'legacy of Prophethood,' which gains for those who follow it 'true and certain belief.' He did not ascribe the writings to himself, but said they proceeded from the Qur'an itself, were 'rays shining out of from [its] truths.'

Thus, rather than being a Qur'anic commentary which expounds all its verses giving the immediate reasons for their revelation and the apparent meanings of the words and sentences, the Risale-i Nur is what is known as a mânevî tefsir, or commentary which expounds the meaning of the Qur'anic truths. For there are various sorts of commentaries. The verses mostly expounded in the Risale-i Nur are those concerned with the truths of belief, such as the Divine Names and attributes and the Divine activity in the universe, the Divine existence and Unity, resurrection, prophethood, Divine Determining or destiny, and man's duties of worship. Bediuzzaman explains how the Qur'an addresses all men in every age in accordance with the degree of their understanding and development; it has a face that looks to each age. The Risale-i Nur, then, explains that face of the Qur'an which looks to this age. We shall now look at further aspects of the Risale-i Nur related to this point.

In numerous of its verses, the Holy Qur'an invites man to observe the universe and reflect on the Divine activity within it; following just this method, Bediuzzaman provides proofs and explanations for the truths of belief. He likens the universe to a book, and looking at it in the way shown by the Qur'an, that is, 'reading' it for its meaning, learns of the Divine Names and attributes and other truths of belief. The book's purpose is to describe its Author and Maker; beings become evidences and signs to their Creator. Thus, an important element in the way of the Risale-i Nur is reflection or contemplation (tefekkür), 'reading' the Book of the Universe in order to increase in knowledge of God and to obtain 'true and certain belief' in all the truths of belief.

Bediuzzaman demonstrates that the irrefutable truths, such as Divine Unity, arrived at in this way are the only rational and logical explanation of the universe, and making comparisons with Naturalist and Materialist philosophy which have used science's findings about the universe to deny those truths, show the concepts on which they are based, such as causality and Nature, to be irrational and logically absurd.

Indeed, far from contradicting them, in uncovering the order and working of the universe, science broadens and deepens knowledge of the truths of belief. In the Risale-i Nur many descriptions of the Divine activity in the universe are looked at through the eyes of science, and reflect Bediuzzaman's knowledge of it. The Risale-i Nur shows that there is no contradiction or conflict between religion and science.

In addition, all these matters discussed in the Risale-i Nur are set out as reasoned arguments and proved according to logic. All the most important of the truths of belief are proved so clearly that even unbelievers can see their necessity. And so too, inspired by the Qur'an, even the most profound and inaccessible truths are made accessible by means of comparisons, which bring them close to the understanding like telescopes, so that they are readily understandable by ordinary people and those with no previous knowledge of these questions.

Another aspect of the Risale-i Nur related to the face of the Qur'an which looks to this age, is that it explains everything from the point of view of wisdom; that is, as is mentioned again below, it explains the purpose of everything. It considers things from the point of view of the Divine Name of All-Wise.

Also, following this method, in the Risale-i Nur Bediuzzaman solved many mysteries of religion, such as bodily resurrection and Divine Determining and man's will, and the riddle of the constant activity in the universe and the motion of particles, before which man relying on his own intellect and philosophy had been impotent.

While in Barla, Bediuzzaman put the treatise on Resurrection and the pieces that followed it together in the form of a collection and gave it the name of Sozler (The Words). The Words was followed by Mektûbat (Letters), a collection of thirty-three letters of varying lengths from Bediuzzaman to his students. And this was followed by Lem'alar (The Flashes Collection), and Sualar (The Rays), which was completed in 1949. Together with these are the three collections of Additional Letters, for each of Bediuzzaman's main places of exile, Barla Lahikasi, Kastamonu Lahikasi, and Emirdag Lahikasi.

The way the Risale-i Nur was written and disseminated was unique, like the work itself. Bediuzzaman would dictate at speed to a scribe, who would write down the piece in question with equal speed; the actual writing was very quick. Bediuzzaman had no books for reference and the writing of religious works was of course forbidden. They were all written therefore in the mountains and out in the countryside. Handwritten copies were then made, these were secretly copied out in the houses of the Risale-i Nur 'students,' as they were called, and passed from village to village, and then from town to town, till they spread throughout Turkey. Only in 1946 were Risale-i Nur students able to obtain duplicating machines, while it was not till 1956 that various parts were printed on modern presses in the new, Latin, script. The figure given for hand-written copies is 600,000.

It may be seen from the above figure how the Risale-i Nur movement spread within Turkey, despite all efforts to stop it. After 1950, the period of what Bediuzzaman called 'the Third Said,' there was a great increase in the number of students, particularly among the young and those who had been through the secular education system of the Republic. At the same time the number of students outside Turkey increased.

Besides these powerful writings themselves, a major factor in the success of the movement may be attributed to the very method Bediuzzaman had chosen, which may be summarized with two phrases: 'mânevî jihad,' that is, 'jihad of the word' or 'non-physical jihad', and 'positive action.' For Bediuzzaman considered the true enemies in this age of science, reason, and civilization to be materialism and atheism, and their source, materialist philosophy. Thus just as he combatted and 'utterly defeated' these with the reasoned proofs of the Risale-i Nur, so through strengthening the belief of Muslims and raising it to the level of 'true, verified belief,' the Risale-i Nur was the most effective barrier against the corruption of society caused by these enemies. In order to be able to pursue this 'jihad of the word,' Bediuzzaman insisted that his students avoided any use of force and disruptive action. Through 'positive action,' and the maintenance of public order and security, the damage caused by the forces of unbelief could be 'repaired' by the healing truths of the Qur'an. And this is the way they have adhered to.

Source: nursistudies.com

Selengkapnya....

08 Januari, 2008

Solusi Berinternet Murah...

Oleh AW Subarkah

Sifat mobilitas terbatas pada penyelenggaraan telekomunikasi berbasis teknologi CDMA membuat para operatornya berlomba-lomba menawarkan harga murah. Bahkan, tidak hanya untuk komunikasi suara (telepon), tetapi juga komunikasi data atau yang lebih dikenal dengan akses internet.

Setidaknya sekarang ini dari tiga operator yang sudah eksis menjalankan bisnis komunikasi nirkabel tetap atau yang juga dikenal dengan fixed wireless access (FWA) itu menawarkan produk berbasis harga. Kebanyakan mereka melakukan perang tarif dalam menyelenggarakan komunikasi suara, mulai dari bundel dengan ponsel murah sampai fasilitas penggunaan di luar wilayah kerjanya layaknya sebuah seluler penuh. Setidaknya itu yang dilakukan Esia dari PT Bakrie Telecom dan Flexi milik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom).

Namun, sedikit berbeda dengan yang dilakukan StarOne dari PT Indosat, perusahaan ini tampaknya sedang mencoba mengangkat fokus layanan ke arah komunikasi data murah melalui jaringan CDMA.

Fokus lebih pada layanan data murah karena Indosat sendiri juga memiliki jaringan berkecepatan tinggi 3.5G atau high-speed downlink packet access (HSDPA) pada jaringan GSM. Akses broadband nirkabel ini dikembangkan bersama-sama dengan peningkatan kecepatan jaringan GSM ke 3G (generasi ketiga).

Jika layanan data HSDPA bisa mencapai kecepatan di atas 1 megabit per detik (Mbps) atau maksimalnya 3,5 Mbps, jaringan CDMA mampu melayani sampai kecepatan 153,6 kilobit per detik (kbps). Dengan demikian, tidak mengherankan apabila dalam satu daerah yang sama dilayani oleh dua jenis jaringan nirkabel yang berbeda itu.

Layanan nirkabel ini bagaimanapun akan menjadi saingan berat bagi WiFi, terutama bagi WiFi yang memasang tarif. Fleksibilitas akses CDMA (termasuk HSDPA) lebih tinggi, pengguna tidak perlu lagi repot-repot mencari hotspot yang biasa terdapat di mal-mal, kafe, atau tempat-tempat tertentu lainnya.

Rekor 100 jam nonstop

Untuk memamerkan kemampuan dalam menyelenggarakan akses internet, operator jaringan nirkabel tetap milik Indosat ini melakukan uji kemampuan dengan melakukan akses internet 100 jam tanpa henti. Demonstrasi ini dilakukan menjelang Natal 2007 lalu di Denpasar, Bali, dan StarOne berhasil mencatat rekor akses internet 100 jam nonstop itu.

"Program ini untuk membuktikan keandalan StarOne dalam memberikan layanan data di samping layanan suara dan SMS tentunya," kata Guntur S Siboro, Direktur Marketing Indosat. Saat demo berlangsung koneksi internet dimanfaatkan dengan lomba "kuat-kuatan" akses internet.

Dalam lomba ini, Djoko Sudiro, salah satu peserta, berhasil mencatat rekor terlama, yaitu berinternet 83 jam nonstop yang dilakukan dengan berdiri dan tanpa tidur. Djoko yang berprofesi sebagai wartawan media cetak di Denpasar ini berhasil keluar sebagai pemenang lomba.

Lomba ini diikuti delapan peserta yang masing-masing memiliki ketahanan browsing internet beragam (11 jam hingga 66 jam). Djoko yang menjelajahi ribuan website selama lebih dari tiga hari ini berpendapat bahwa kualitas layanan StarOne, khususnya internet, dapat diandalkan.

"Kami mencoba memberikan sesuatu yang berbeda. Kami menawarkan layanan internet dan tes ini membuktikan ketahanan sistem kami, selain harga yang murah, meski tidak asal murah," kata M Arif Junaedi, Kepala Cabang Indosat Bali pada saat membuka demo 100 jam koneksi ke internet tanpa henti.

StarOne yang telah beralih ke frekuensi baru 800 MHz ini memberikan layanan telepon dan internet murah. Khusus pengguna pascabayar, StarOne memberikan penawaran paket akses internet istimewa Ngorbit bulanan. Hanya Rp 49.000 per bulan pelanggan sudah dapat menikmati akses internet hingga 350 MB atau 1 GB hanya dengan Rp 99.000 per bulan.

Makin cepat

Penawaran CDMA ini, meski lebih dengan pertimbangan ekonomi, memberikan pilihan baru. Esia pernah melakukannya meski tidak terlihat lagi gaungnya. Pengguna internet di Indonesia setidaknya saat ini sangat haus untuk bisa mendapatkan koneksi internet yang layak dan terutama harga yang murah.

"Sebenarnya kami juga mengembangkan jaringan CDMA2000 1XEV-DO yang kecepatannya setara dengan kecepatan 3G untuk GSM, seperti yang kami lakukan di Balikpapan. Meskipun demikian, jaringan itu tidak kami kembangkan di semua daerah, tetapi melihat kebutuhan, apalagi kami juga memiliki sudah jaringan HSDPA," kata Suhenri Naswil, Fixed Brand Management StarOne.

Jadi CDMA memang lebih diarahkan untuk pengguna yang menginginkan akses murah. Untuk yang menginginkan koneksi, lebih cepat ditawarkan HSDPA yang teknologinya terus berkembang. Adapun jaringan tetap kabel secara bertahap, seperti yang dilakukan Telkom yang terus meng-upgrade kualitas layanan data melalui Speedy.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi dengan teknologi WiMAX (mobile) yang disebut-sebut sebagai 4G, mengapa pemerintah belum memberikan lampu hijau kembali? Bisa jadi teknologi ini merupakan ancaman bagi teknologi seperti HSDPA yang masih baru dan investasinya juga mahal.

Sumber: Kompas

Selengkapnya....

05 Januari, 2008

MENYIAPKAN BISNIS DUNIA MAYA

Oleh: Pitoyo Amrih

Wajah tanya itu sempat terlihat oleh mata saya. Setelah beberapa saat saya tetap saja melanjutkan bicara, akhirnya teman saya itu tidak tahan untuk harus bertanya dan memotong penjelasan saya, “Maaf, Pak.... subdomain itu apa ya, Pak..?” Mendengar pertanyaan itu saya pun tersadar bahwa ada hal-hal mendasar yang memang harus dipahami ketika orang akan masuk menekuni bisnis di internet. Hal-hal mendasar yang memang harus dimengerti dan menjadi wawasan.

Saya termasuk orang yang berkeyakinan bahwa tidak ada sesuatu yang instan dalam manusia berproses. Setiap proses dalam kesetimbangannya, pastilah butuh sebuah dimensi waktu sebagai frame yang harus dilalui. Seorang bayi, tetap akan melewati tahapan untuk duduk, merangkak, berjalan, berlari, melompat. Tidak mungkin kita menuntut seorang bayi setelah duduk, kita minta untuk melompat. Demikian juga dalam menekuni sebuah bisnis. Bisnis apa pun tetap akan ada prosesnya. Tidak mungkin orang akan mendapatkan keuntungan yang besar hanya dalam sekejap. Kalaupun ada kejadian seperti itu, saya akan menganggap bahwa hal itu hanyalah sebuah keuntungan yang semu, yang ditotal secara rata-rata pada kurun waktu ke depan dihitung-hitung akan tetap menghasilkan sebuah gradien kenaikan yang sebenarnya tidak sedrastis saat hal itu dianggap sebagai sebuah hal yang instan.

Kita lihat begitu banyak orang menawarkan kerjasama di internet yang seolah menafikkan anggapan proses alamiah yang saya kemukakan di atas. Kita lihat banyak sekali iklan di internet. Sepuluh juta dalam seminggu! Keuntungan berlipat dalam sehari! Hanya bergabung langsung dapat uang! Dan sebagainya. Mungkin bisa jadi memang demikian seperti yang dijanjikan, tapi tanpa sebuah persiapan layaknya orang akan memulai sesuatu, maka ketika kita menjalaninya tak lebih kita hanya akan ‘menghambur-hamburkan’ sumber daya yang kita miliki.

Secara teori memang ada empat infrastruktur yang harus menjadi pengertian kita, sebelum kita memulai menekuni hal-hal yang diharapkan menjadi nilai tambah ketika kita berinteraksi di dunia maya. Saya pikir, tak perlu kita terlalu kaku dalam menyikapinya. Tak perlu empat hal itu kita harus benar-benar siap sebelum ‘masuk’ ke kancah interaksi internet. Kita bisa ‘asal mulai’, tapi dengan semangat agar kita juga harus selalu belajar, membuka wawasan terhadap empat elemen yang akan menjadi pondasi atas bangunan bisnis dunia maya itu. Karena seberapa kokoh pondasi itu, layaknya sebuah rumah, sangat menentukan seberapa kokoh bangunan di atasnya.

Yang pertama, adalah yang disebut dengan Technology Infrastructure. Gambarannya mungkin apa yang seperti ditanyakan teman saya pada paragraf pertama di atas. Dunia maya memang tidak terlepas dari hal-hal teknis teknologi informatika. Dan hukum alamnya tetap, kita harus berproses. Kita tidak mungkin menguasai semua hal teknis dalam sekejap. Bahkan kita juga mungkin tidak perlu tahu hal teknis sampai mendalam sekali. Karena pada dasarnya semua hal teknis itu bisa kita ‘beli’. Tapi tetap, dengan berjalannya waktu adalah tuntutan bagi kita bila kita ingin menekuni bisnis dunia maya, untuk selalu memperkaya wawasan kita terhadap hal-hal teknis di atas.

Source: Pembelajar.com

Selengkapnya....