Salam damai dan sejahtera...Selamat datang di situs saya: M Che Anam's Blog

02 September, 2008

Kenapa Tertarik Menjalankan Bisnis Online?

Menurut data yg diberikan oleh google bbrp waktu yg lalu, Indonesia adalah negara yg paling banyak menggunakan kata ‘internet marketing” di mesin pencari terbesar di dunia itu. Hal ini cukup mengindikasikan bahwa sebetulnya orang2 indonesia memiliki minat dan antusiasme yg tinggi terhadap aktivitas bisnis online. Logis saja, kondisi bangsa saat ini yg sedang dilanda masalah pengangguran di sana-sini, belum lagi nilai UMR yg sangat rendah dan kejemuan kerja, membuat banyak orang di negeri ini mulai melirik pada bisnis online.

Namun apakah sebenarnya kelebihan bisnis online ini:

1. Pangsa pasar yg sangat luas.
Melalui internet kita bisa memasarkan bisnis kita ke seluruh penjuru dunia. Tentu saja jika kita memiliki keterampilan berbahasa inggris, jika tdk bisa sebenarnya kita bisa merekomendasikan hal ini pada mereka yg memiliki skill bahasa Inggris. Tanpa keterlibatan bahasa inggris pun kita bisa berfokus pada pangsa dalam negri karena sebenarnya pangsa pasar di dalam negeripun masih sangat luas dan semakin besar seiring dng semakin akrabnya masyarakat dng dunia internet.

2. Modal yg lebih murah.
Dalam bisnis off line ketika kita ingin membangun sebuah bisnis, maka kita harus memikirkan biaya2 yg sangat tdk sedikit: tempat, produk, transportasi dan perizinan dan lain2 sebagainya. Sementara dalam bisnis online modal utk menjalankan bisnis ini terutama hanyalah “domain dan hosting” yg bisa kita dapatkan harga sewanya hanya dua ratus ribu setahun (atau sekitar 15rb /bln) + biaya akses internet. Jika tdk memiliki modal utk beli domain + hosting, sekarang pun sudah banyak layanan2 situs yg gratisan seperti blogger, multiply dan lain2. Akses internet pun semakin mudah dan murah. Bahkan layanan hotspot kian merebak, yg artinya kita bisa mengakses internet secara gratis.

3. promosi yg sangat murah.
Di internet ada banyak cara dan juga tempat utk berpromosi scr gratis (ada juga yg berbayar), misalkan saja situs2 social media yg mrp situs2 dimana pengunjungnya sagat banyak, berpromosi di artikel directory seperti ezinearticles dll (selain mendapatkan link, kita juga bisa mendapatkan pengunjung langsung), belum lagi kalo kita bisa menguasai tehnik SEO (Search Engine Optimasion) maka kita bisa mendapatkan pengunjung gratis sesuai dng kata yg dibidik jika situs kita bisa menempati ranking 10 besar di mesin pencari seperti google.

4. system bekerja 24 jam non stop dan bisa diotomatisasi
Bagi saya hal ini adalah suatu kertarikan tersendiri. Ada banyak slogan2 yg muncul dari para internet marketer yg telah sukses: “meskipun saya tidur2n, pergi ke mana saja saya mau, selama internet masih bisa diakses, uang mengalir begitu saja tanpa henti dng sendirinya”. Ini tdk mengherankan karena selama internet masih bisa diakses, dan ada banyak orang yg mengakses situs kita, maka kita pun bisa mendapatkan penghasilan online tanpa harus sering kita pantau. Misal saja kita punya situs yg kita pasang iklan google adsense, selama ada yg berkjung ke situs kita dan tertarik dng iklan2 yg ada, sekalipun kita sedang tdk online, situs kita tetap akan bisa memberikan penghasilan.

5. dapat dijalankan paruh waktu.
Banyak sekali internet marketer yg memulai bisnis online secara paruh waktu, namun seiring dng penghasilannya yg kian bertambah dan melihat prospeknya yg sangat menjanjikan, kebanyakan mereka beralih menekuni bisnis online secara fulltime.

6. kerja minim, penghasilan yg tak terbatas.
Kita bisa mendapatkan penghasilan yg tak terbatas dari bisnis online. Kita juga bisa mendapatkan pengasilan dng mata uang asing (misal dolar). Tingginya nilai tukar dolar dng rupiyah tdk membuat para pebisnis online hawatir, melainkan justru sebaliknya, membuat meraka senang karena berarti penghasilan mereka semakin besar. Mengapa saya sebut kerja minim, penghasilan tak terbatas? Sebab jika suatu situs bisnis sudah bisa menghasilkan tanpa banyak melibatkan campur tangan kita, maka kita bisa berfokus utk membangun situs2 bisnis lainnya, dan semakin banyak situs bisnis yg kita bangun, maka penghasilan pun bisa dipastikan akan meningkat. Namun bagaimanapun juga, sebagaimana bisnis lainnya, utk sukses di bisnis online seseorang tetap membutuhkan kerja keras. Tanpa kerja keras, banyak kelebihan2 yg ada pada bisis online spt yg tersebut diatas sama sekali tdk ada artinya.