Salam damai dan sejahtera...Selamat datang di situs saya: M Che Anam's Blog

30 Desember, 2008

Refleksi Akhir Tahun I: What I Did for Internet Marketing in Year 2008.

Seperti yg pernah saya singgung sebelumnya bahwa alangkah baiknya jika saya melakukan refleksi ulang di penghujung tahun ini. Menurut saya, ini adalah suatu hal yg penting utk dilakukan bagi siapapun yg ingin sukses di tahun 2009 nanti.

Selama ini saya hanya menggunakan media gratisan utk semua kegiatan internet marketing, baik dari pembuatan situs (blogger), alat2 optimasi (google analitik, google translate, analisis keyword dll), media promosi (artikel marketing, social bokkmarking, url direktori), hingga jenis bisnisnya pun juga gratisan (adsense_).

Meski dari sisi penghasilan masih jauh dari yg diharapkan, namun alhamdulillah sudah ada penghasilan (meski sedikit). Setidaknya sedikit banyak saya jadi tahu apa yg harus saya lakukan (optimasi) dan apa yg tdk perlu saya lakukan di tahun 2009 nanti.

Alhamdulillah juga dari berbagai macam eksperimen SEO selama ini, ada bbrp keyword penting yg bisa dikatakan berhasil. Bagi saya hasilnya tdk begitu mengecewakan, ada bbrp keyword yg saya bidik nangkring diposisi 10 besar, 20 besar, dam ada juga yg lebih di mesin pencari google. Bahkan ada keyword menempati posisi pertama dng jumlah pesaing kurang lebih 2 jutaan; ada juga yg nangkring diposisi 11 dng jumlah pesaing 10 jutaan. Namu kadang naik dan kadang turun lagi, barangkali karena persaingan utk keyword tsb sangat kompetitif. Dng melakukan refleksi ulang (flash back) setidaknya saya jadi tahu faktor2 apa saja yg bisa menyebabkan demikian.

Dalam kesempatan ini saya igin membahas optimamsi apa saja yg saya lakukan selama ini. Sebagaimana telah lazim diketahui bahwa optimasi search engine bisa dikategorikan mjd 2, yakni on-page dan off-page. Utk optimasi ini, saya meggunakan sekitar 25% utk aktifitas on-page, dan sekitar 75 % utk off page. Yg saya lakukan utk optimasi on-page blogspot saya adalah:

1. Memasang meta tag. Terdiri dari tiga tag yakni, title, deskripsi dan keyword.
2. Memasang google site map.
3. Membuat optimized content (artikel). Panjang artikel sekitar 250-500 kata dng density keyword sekitar 3-5%.
4. Membuat judul dng keyword yg dibidik.

Hanya itu yg saya lakukan. Sementara dalam kaitannya optimasi off-page adalah.
1. Mendaftarkan situs ke feed burner.
2. Submit ke banyak search engine. Ternyata yg efektif cuma sekitar 5.
3. Submit ke ratusan url direktori. Ternyata yg efektif hanya sekitar 25 situs saja.
4. Submit ke sosialbokmarking yg do follow (sekitar 26 situs). Hingga saat ini belum ada hasil backlink dari mereka.
5. Submit ke banyak free artikel direktori. Yg efektif hanya sekitar 5-6 saja.

Saya juga mencoba-coba menggunakan taktik black hat, bisa dikatakan ada hasil namun kurang optimal. Tentu saja yg saya lakukan bukanlah hal2 yg membahayakan dng menaruh kode2 script tertentu utk menipu mesin pencari, melainkan hanya sedikit spamming dalam posting. Adapun yg saya lakukan utk aktifitas SEO black hat ini adalah:
1. Mengumpulkan keyword yg pokok maupun long tail
2. Mengambil artikel dari penyedia artikel gratisan dan kemudian direcycle, ambil satu paragraph utk diposting.
3. Mengambil google result utk bahan postingan dng keyword2 yg dibidik. Kmd digabungkan dalam artikel yg sudah direcycle di atas.
4. Memosting 30 artikel/hari (scheduling)
5. Membuat 10 artikel utk disubmit ke ezinearticles.com (sbg backlink agar mudah terindeks)
6. Mensubmit ke bbrp situs social bookmarking.

Eksperimen pertama hasilnya lumayan, ada situs dng sekitar 1000 postingan hampir semuanya terindeks. Jumlah pengunjungnya pun lumayan (ada ratusan pengunjung dalam sehari) dan cukup menghasilkan dolar. Namun sayangnya ini tdk bertahan lama (hanya sekitar seminggu), setelah itu situs langsung dibanned oleh google (tak ada satupun yg terindeks). Utk eksperimen kedua dan berikutnya, dari sekian banyak poostingan yg saya buat hanya sedikit sekali yg terindeks, dan hasilnya pun tidak seberapa (tak sebanding dng usaha yg dilakukan).

Bersambung.......