Salam damai dan sejahtera...Selamat datang di situs saya: M Che Anam's Blog

31 Desember, 2008

Refleksi Akhir Tahun: What I Should Do for Internet Marketing in 2009

Dari refleksi yg telah saya lakukan sebelumnya, nampaknya saya akan tetap berfocus dng menggunakan berbagai media yg gratisan, karena jika digarap dng benar ternyata juga bisa memberikan hasil. Dan tehnik yg saya lakukan adalah white hat saja. Ada bbrp alasan utk hal ini: yg pertama, tehnik ini lebih aman dari ancaman banned; kedua, bisa bertahan utk jangka yg lebih panjang; ketiga, selama ini yg cukup menghasilkan adalah dari tehnik white hat. Meski hasilnya tdk seinstan jika dibandingkan dng menggunakan tehnik black hat.

Saya akan tetap mencoba menggunakan yg gratisan hingga benar ada dana yg cukup utk melakukan aktifitas yg berbayar (misalkan menggunakan wordpress.org sbg situsnya, dan adword sbg tehnik promosinya).

Setelah melakukan refleksi ulang dari apa yg telah saya lakukan selama ini, saya merasa ada banyak hal yg efektif dan tidak efektif. Adapun yg perlu saya lakukan utk optimasi bisnis online mulai awal tahun 2009 adalah:
1. Menentukan 10 blog yg akan digarap ditahun ini (dng tema2 tertentu).
2. Seleksi keyword yg potensial dng menggunakan tool adword google. Saya harus memastikan bahwa keyword2 tersebut aalah keyword yg banyak pencarinya, memiliki pesaing yg tdk begitu banyak, dan mrp HPK.
3. Menggunakan blog hasil karya isnaini. Template ini benar2 bloggerized adsense, dimana iklan adsensenya bisa diletakkan dimana saja dan colournya juga bisa disesuaikan dng kesukaan.
4. Tetap memasang meta tag, dan sitemap pada blog. Tujuannya adalah agar semua page terindeks oleh mesin pencari.
5. Membuat artikel yg lebih baik dari sisi kwalitasnya: density keyword tetap sekitar 3-5%; jumlah artikel sekitar 400 kata.
6. Memasang feed burner.
7. Memasang kode google analitik.
8. Submit hanya ke 6 artikel direktori. Meskipun ada ratusan free artikel deriktori namun pada kenyataanya, banyak yg kurang htlm friendly, bahkan banyak yg no follow. Saya akan memastikan submit di ezineartikel. Disamping itu juga memastikan utk memasang anchor teks yg sesuai dng keywords yg dibidik.
9. Melakukan submit ke sekitar 10 situs social boolmarking. Meski belum ada hasil backlink (mungkin perlu waktu), namun dari riset yg saya lakukan terhadap backlink situs orang lain ada bbrp situs sosial bookmarking yg bisa diandalkan sbg backlink (do follow).
10. Alternative berikutnya adalah dng membuat dummy blog yg banyak. Utk keefektifannya saya belum tahu. Tapi sangat masuk akal, dan dari kata banyak orang yg cukup berpengalaman tehnik ini cukup efektif. Bahkan sang master Cosa aranda juga pernah membuktikannya.

Sebetulnya banyak hal yg ingin saya singgung terutama dalam kaitannya dng keefektifan dari tiap tool dan media tertentu sbg upaya optimasi, namun pastilah sangat memakan waktu dan lebih baik saya singgung satu persatu dalam postingan2 berikutnya.

Anonim mengatakan...

Hi there! Someone in my Facebook group shared this website with us so I came
to take a look. I'm definitely enjoying the information. I'm bookmarking
and will be tweeting this to my followers! Superb blog and terrific
design and style.

my homepage :: 85317
Also see my site: 25686