Salam damai dan sejahtera...Selamat datang di situs saya: M Che Anam's Blog

27 Februari, 2008

Peta Perjalanan Hidup

Hampir semua motivator kelas dunia, baik itu muslim atau bukan, atau mrk yg hidupnya semata2 utk menyelidiki rahasia dibalik kesuksesan orang2 besar di dunia ini menyatakan bahwa hampir semua orang2 besar dan sukses di dunia ini memiliki tujuan dan rencana hidup yg jelas, pasti dan detail.

Di antara bbrp buku dari sekian banyak buku yg menekankan pentingnya menentukan tujuan hidup adalah bbrp karya yg baru saja aku baca: karya Imam Munadi, Andrew ho, kang Abik, dan DAvid Schwartz. Begitu juga bbrp karya lainnya yg pernah aku baca spt karya2 Aa Gym, Ari Ginanjar, Napoleon Hill, PS Lim, Andreas Harefa, John Maxwell dll.

Aku jadi teringat dng seminar yg aku pernah ikuti. Sayang aku lupa siapa nama pembicaranya. Ada suatu yg menarik dari seminar tsb. Sang motivator menceritakan bahwa di Amerika pernah dilakukan suatu penlitian. Para responden ditanya apakah mereka telah menyusun suatu rencana yg jelas, spesifik, dan tertulis dalam kaitannya dng masa depan, serta suatu perencanaan ttg bagaimana merealisasikan hal tsb?

Hasilnya adalah bahwa 84% tdk memiliki tujuan dan perencanaan hidup yg jelas. Orang2 ini mewakili mrk yg hidup rata2/dibawah rata2 sebagaimana umunya. 13% memiliki tujuan yg jelas dan detail tapi tdk tertulis. Orang2 ini hidup diatas rata2 orang pada umumnya. Mrk adalah orang2 kaya, punya rumah, mobil dan lain2. Sementara 3% memiliki tujuan yg jelas, detail, target yg spesifik dan mereka menuliskan tujuan dan rencana mrk itu. 3% orang ini mewakili orang2 besar dan luar biasa di dunia ini. Kebanyakan mrk adalah para penemu yg terkenal di dunia ini.

Entah bagaimana ttg kebenaran cerita itu, namun hal2 semacam itu sudah sangat lazim dan sering aku dengar. Bagaimanapun juga, menentukan tujuan hidup, membuat perencanaan dan peta perjalanan hidup adalah suatu hal yg sangat penting dan harus dubuat sesegera mungkin.

Para penulis menyarankan bahwa hendaknya tujuan tujuan hidup itu dibuat utk jangka panjang setidaknya sepuluh tahun ke depan dan kemudian memecahnya mjd brp goals/target (jangka pendek) yg meliputi tujuan bulanan dan harian.
Mereka juga menyarankan, hendaknya tujuan tsb meliptui kategori spiritual/agama, keuangan, karier/pekerjaan. pendidikan, kesehatan, keluarga, dan hubungan sosial. Salah satu tehnik yg bagus adalah tehnik 101 yg diberikan oleh Imam Munadi