Salam damai dan sejahtera...Selamat datang di situs saya: M Che Anam's Blog

28 Maret, 2008

You Need More Action

Apa yg dikatakan oleh Joko Susilo, sang jutawan internet marketing, memang benar. Dia bicara ttg 14 kesalahan fatal dalam bisnis online. Diantaranya yg menarik adalah pada poin 1 yakni terlalu banyak belajar.

Sebetulnya seseorang yg menekuni bisnis, entah online maupun offline, itu harus lebih banyak praktek dibandingkan belajar (secar teori). Bukannya ilmu tdk penting, melainkan sebenarnya ilmu bisnis akan lebih banyak kita dapat bersamaan dng praktek, hyakni melalui pengalaman2 selama ia praktek. Orang yg banyak melakukan praktek akan memiliki banyak pengalaman ttg apa yg telah ia lakukan dan bisa menentukan apa yg harus ia lakukan. Dng dmk bisnisnya akan bisa semakin maju.

Ini akan berbeda dng ketika seseorang hanya memikirkan sesuatu tanpa melakukan sesuatu, tentu saja tdk akan ada hasil apapun. Bahkan terlalu banyak berpikir dalam dunia bisnis akan membuat orang menjadi takut utk melangkah, karena ia mengetahui bahwa jalan di depan begitu terjal sehingga ia akan berpikir kembali betapa sulitnya melakukan sesuatu, dan akhirnya ia akan menyerah sebelum bertanding.

Tidak heran jika kita banyak menemui orang2 yg tdk berpendidikan namun justru para karyawannya adalah orang2 yg sangat berpendidikan. Kita juga menemui orang2 terkaya didunia ini adalah orang 2 yg tdk memiliki latar belakang pendidikan yg istimewa, misal saja bill gate, yg pernah mjd orang terkaya di dunia, pernah drop out, begitu pula orang kaya spt purdi candra di negeri ini.

Dalam bisnis online, kadang kita terlalu berpikir dan pingin tahu banyak ttg bagaimana berpromosi di dunia online, sehingga kita hanya sibuk mendalami sesuatu namun sangat sedikit dalam hal praktek. Kita lebih sibuk dng mendalami ttg sosial bookmarking namun jarang melakukan submit situs kita ke situs2 tsb. Kita sibuk mendalami ttg artikel marketing tapi tdk pernah mau mencoba membuat artikel dan mensubmit ke bbrp artikel direktori.

Menarik apa yg disebutkan oleh Joko Susilo tentang 14 kesalahan fatal Bisnis Internet, terutama pada poin 1, poin 7 dan poin 11: Terlalu banyak belajar, Mendalami tanpa berbuat apapun, Fokus setengah-setengah. Saya juga masih ingat apa yg dikatakan oleh Anne Ahira, seorang internet marketer tingkat dunia, ia merumuskan kunci sukses bisnis online dng: Fokus, Fokus dan Fokus. Kunci yg kedua adalah: Praktek, Praktek, dan Praktek.

Saya juga tdk tahu kenapa jarang sekali pebisnis online yg merumuskan kunci suksesnya berupa: belajar-belajar dan belajar. Mungkin karena orang yg banyak belajar ttg bisnis online akan lebih berpotensi utk menjadi ahli ttg bisnis online dibandingkan mjd pebisnis online itu sendiri.

Oke, semua terserah kita mau jadi ahli ttg internet marketing atau mau jadi internet marketer. Pilihan ada ditangan kita.