Salam damai dan sejahtera...Selamat datang di situs saya: M Che Anam's Blog

16 Januari, 2009

Profesiku: Membuat dan Menjual Kue

Aku harus buat kue, dan besok pagi aku harus menjualnya. Namun aku harus mengumpulkan resep-resep/bahan-bahannya terlebih dahulu. Jika semuanya sudah siap maka tugasku berikutnya adalah membuat adonan dan kemudian berusaha membuat kue yg seenak mungkin. Karena kueku ini nantinya akan aku jual, maka aku tidak boleh sembarangan dalam menentukan kue apa yg harus aku buat. Sebelumnya aku harus cari tahu dulu apakah kue ini banyak yang cari dan ada yg berani membayar dng harga yg lumayan.

Syukur sekarang aku sudah bisa buat warung sendiri yg sedikit yahuud, dan punya bbrp tempat yang biasa aku titipin kue-kueku, sekaligus tempat buat promosi agar para pengunjung tertarik utk menikmati langsung jajanan kue di warungku. Prinsipnya sama-sama untung kok. Alhamdulillah, sudah bbrp waktu aku jalanin kerjaan ini. Ada kue-kue ku yang laku keras, namun ada juga yang ga begitu laku, yah anggap ja ini sbg resiko. Klo aku takut sama resiko mana mungkin ada kue ku yg laku. Toh meskipun ada yg ga begitu laku, aku kan bisa jadi semakin terbiasa dan lama2 mahir juga bikin dan jualan kue.

Begitulah aktivitasku sehari-hari. Kue yang aku maksud adalah artikel sbg konten situs. Sebelum membuat artikel aku harus menentukan dulu tema apakah yg banyak dicari dan karena aku sedang fokus di bisnis PPC maka aku harus menentukan kata kunci yg bayarannya agak mahal. Setelah itu kerjaan selanjutnya adalah membuat adonan, yakni dng mengumpulkan bahan-bahan yg aku dapat dari situs2 (dibantu sama paman google). Aku ambil sedikit dari situs2 itu yg aku jadikan sbg bahan kemudian aku olah (dng bantuan Mr. Ms.Word) mjd artikel yg siap dinikmati.

Setelah artikel jadi, maka aku posting di warung situsku. Warungku ini telah aku rancang sedemikian mungkin agar terlihat menarik (baca: search engine friendly). Tak sampai di situ, aku harus promosikan artikel2 buatanku di bbrp tempat yg telah jadi langgananku selama ini, terutama di toko2 kue yg sudah sangat terkenal (free artikel direktory) seperti ezinearticles, articlecube, articlebiz dan lain2. Agar ada pengujung yg mampir ke warungku kadang aku juga bekerja sama dng situs2 seperti sosialbookmarking, atau aktif menjajakannya di yahoo forum, dll.

Ada banyak penjual kue sukses di jagad online ini diantaranya adalah Anne Ahira (yg senang dipanggil si pedagang kaki online), Cosa Aranda, Joko Susilo, Welly Mulia, Isnaini, Dini Shanti, Rivermaya dll. Ada juga para bule yg sukses berjualan kue seperti Jonathan Leger, Carl Ocab, Patric Chan dll. Tentu saja mereka adalah para koki sekaligus penjual kue yg sudah handal, dan kue2 mereka laku keras dipasaran. Kadang aku bertanya-tanya sendiri bisakah aku seperti mereka? Kenapa tidak, bukankah mereka pun tadinya amatiran sepertiku?

Ah aku tak mau berandai-andai yg terlalu tinggi dulu, yg penting aku harus buat kue dan besok aku harus menjualnya. Klo uangnya dah ngumpul kan bisa dipakai buat beli alat pembuat kue (laptop, dll) yg lebih yahuud, menyewa warung (domain, hosting) yg lebih profesional. Klo dah gitu tambah semangat deh buat kue yg lebih eco (euunak).

Kini aku harus berpikir, kira-kira kue apa harus aku buat dan aku jual utk besok pagi ya? Semoga kue-kueku nanti laris manis. Ayo siapa mau beli kue? Kuenya mas...kuenya mbak...,he2 :-)

Unknown mengatakan...

maaf salam kenal,
sedang mbidik SEo ya mas?

M che anam mengatakan...

SAlam kenal juga mas.. Iya nih mas...latiha sambil jalan nih.. he2